HomeModul
0 vote
8 views
. Soal B. Indonesia oleh Pemula (66) | 8 views

1 Jawaban

0 vote

Unsur Intrinsik Puisi “Kepada Peminta-minta”
Unsur intrinsik puisi adalah unsur-unsur yang berasal dari dalam naskah puisi tersebut. Adapun unsur-unsur intrinsic puisi yang berjudul “Kepada Peminta-minta” meliputi:

  • Tema

Tema merupakan gagasan pokok yang dikemukakan oleh penyair. Pokok pikiran itu begitu kuat mendesak dalam jiwa penyair, sehingga menjadi landasan utama pengucapannya. Tema puisi yang berjudul ”Kepada Peminta-minta” adalah keperihatinan dan ketidak setujuan. Disini tokoh aku tidak suka melihat pengemis mencari nafkah dengan cara meminta-minta, walaupun kehidupan sangat rumit namun tokoh aku berharap pengemis mencari nafkah dengan cara yang lebih baik.

  • Tipografi

Tipografi disebut juga ukiran bentuk puisi. Tipografi adalah tatanan larik, bait, dan baris.

  • Nada dan Suasana

Nada berkaitan erat dengan suasana. Nada bahagia yang diciptakan penyair dapat menimbulkan perasaan senang pada pembaca setelah membaca puisi. Nada religius menimbulkan suasana khusyuk pada pembaca. Nada kritik menimbulkan suasana pemberontakan pada hati pembaca. Begitulah sangat eratnya hubungan nada dan suasana. Puisi “Kepada Peminta-minta” bernada terpaksa seperti yang ditunjukkan oleh kalimat 

  • Diksi

Persoalan pemilihan kata merupakan masalah yang sungguh-sungguh esensial untuk melukiskan dengan sejelas-jelasnya wujud dan perincian materi.

  • Citraan

Citraan atau imagi (imageri) adalah gambaran angan yang timbul setelah seseorang membaca karya sastra dalam hal ini puisi. Imageri dapat kita pakai sebagai hal untuk memperkuat serta memperjelas daya bayang pikiran manusia dan nantinya akan menjelmakan gambaran nyata. 

oleh Pemula (233)

Soal terkait

0 vote
1 jawaban
0 vote
1 jawaban
0 vote
1 jawaban
0 vote
1 jawaban
ditanya 10 Mar . Soal B. Indonesia oleh ishak JJ Pemula (77) | 9 views
441 Online
1 Anggota And 440 Tamu
7,104 soal
7,669 jawaban
32 komentar
868 anggota