HomeModul
0 vote
19 views
A.  Osteoblas

B. Osteosit

C. Osteoprogenerator

D.  Osteoklas
. Soal Biologi oleh Pemula (681) | 19 views

2 Jawaban

0 vote

Osteoblas (dari Bahasa Yunani yang merujuk kepada "tulang" dan "janin" atau embrio) adalah sel yang berasal dari jaringan penunjang sel induk dari stroma sumsum tulang. Osteoblas memiliki inti sel tunggal, yang memiliki bentuk yang beragam dari yang berbentuk pipih hingga bulat, menggambarkan tingkat aktivitas seluler dan pada tahap lanjut dari proses maturitas sejalan dengan pembentukan tulang pada permukaan.

Osteblas merupakan jenis sel mesenkimal yang bertangungjawab untuk pembentukan dan perkembangan tulang. Diferensiasi osteoblas menjadi sel tulang diregulasi oleh faktor transkripsi Runx2, Osterix, dan β-catenin.

Osteosit adalah sejenis sel tulang dengan populasi sekitar 10 kali lipat populasi osteoblas dibandingkan dengan jumlah osteoklas yang jauh lebih sedikit daripada jumlah osteoblas.

Sepanjang osteogenesis, osteoblas akan melepaskan osteoid disertai peningkatan pencerap inti DAX1 dan enzim GTPase, dan penurunan faktor transkripsi SOX4.[3] sebelum terdiferensiasi menjadi osteosit.Sepanjang proses ini terjadi peningkatan

Osteosit memulai sekresi sklerostin setelah menjadi dewasa di dalam matriks osteoid yang mengalami mineralisasi.


Osteoprogenitor terletak di lapisan dalam periosteum, lapisan saluran Havers, dan endosteum. Sel-sel ini berasal dari mesenkim embrio, akan ada sepanjang hidup pascakelahiran dan dapat mengalami pembelahan mitosis dan memiliki potensi untuk berdiferensiasi menjadi osteoblas. Sel Osteoprogenitor berbentuk gelendong dan memiliki inti oval berwarna pucat, sitoplasmanya mengandung sedikit RE dan sebuah badan golgi yang berkembang dengan kurang baik, tapi berisi ribosom yang sangat banyak. Sel-sel ini paling aktif selama periode pertumbuhan tulang. Selama pertumbuhan tulang, sel-sel ini akan membelah diri dan menghasilkan sel osteoblas yang kemudian akan membentuk tulang.


Osteoklas adalah sebuah sel raksasa dengan diameter sekitar 40 mikrometer.

Hingga saat ini, sel prekursor dari osteoklas diperkirakan adalah monosit dengan ekspresi CD14+ yang terdapat dalam sirkulasi darah, yang lebih dikenal dengan sebutan peripheral blood mononuclear cell (PBMC). Meskipun osteoklas berasal dari sel punca jenis hematopoietik, diferensiasi menjadi osteoklas juga dapat dialami sel punca jenis embrionik, saat diberikan stimulasi hematopoiesis dan mielopoiesis seperti hormon vascular endothelial growth factor dan sitokina hematopoietik.


oleh Pemula (3,931)
0 vote

Osteoblas = sel-sel tulang muda pembentuk tulang sejati

Osteosit = sel-sel tulang matang pembentuk tulang sejati

Osteoklas = sel-sel yang berperan untuk memindahkan matriks dan tulang lama dan menyiadakan ruang untuk pembentukan tulang baru

Osteopregenator = sel khusus yang merupakan turunan mareskim 

oleh Terpelajar (10,256)

Soal terkait

0 vote
1 jawaban
ditanya 26 Des 2018 . Soal Biologi oleh hamzah butar-butar Pemula (55) | 9 views
0 vote
1 jawaban
0 vote
1 jawaban
0 vote
1 jawaban
0 vote
1 jawaban
ditanya 24 Des 2018 . Soal TIK oleh raditya Pemula (80) | 6 views
0 vote
1 jawaban
ditanya 4 Feb . Soal A. Islam oleh sultan pros Pemula (87) | 8 views
0 vote
1 jawaban
722 Online
1 Anggota And 721 Tamu
6,838 soal
7,398 jawaban
31 komentar
827 anggota