HomeModul
0 vote
8 views
. Soal Geografi oleh | 8 views

1 Jawaban

+1 vote
Jawaban terbaik

Karakteristik Wilayah

Karakteristik wilayah desa dan kota dapat dibandingkan dengan beberap hal. Diantarnya adalah

1. Kepadatan Penduduk

Perbedaan desa dan kota yang paling menonjol adalah kepadatan penduduk didalamnya. Walaupun tidak ada ukuran atau jumlah yang pasti, namun secara umum dan jelas terlihat bahwa kota memiliki kepadatan penduduk yang lebih tinggi dibanding dengan kepadatan penduduk pada desa

2. Lingkungan Hidup

Perbedaan yang mencolok kedua adalah lingkungan hidup di desa dan di kota. Lingkungan hidup di desa biasanya masih dekat dengan lingkungan alam asli atau alam bebas, sehingga wilayah pedesaan lebih banyak didominasi oleh ruang terbuka hijau. Kondisi tersebutlah yang juga mengarahkan masyarakat desa pada sistem ekonomi yang cenderung ke sistem agraris atau pertanian.

3. Sistem Perekonomian

Perbedaan sistem perekonomian di desa dan di kota menyangkut aspek mata pencaharian masyarakatnya. Selain lingkungan hidup di desa yang mendorong masyarakatnya ke sistem agraris, namun tingkat kepadatan penduduk dan  ketersediaan nya lahan juga mendorong sektor perekonomian primer lebih berkembang di desa.

4. Stratifikasi Sosil

Adanya perbedaan sistem perekonomian di desa dan di kota juga mendorong adanya perbedaan stratifikasi sosial diantara keduanya. Sektor ekonomi sekunder dan tersier yang lebih berkembang di kota pasti memerlukan banyak keahlian khusus dan spesifik dibandingkan kebutuhan pada sektor perekonomian primer di desa. Oleh sebab itu, jenis lapangan pekerjaan di kota juga relatif lebih banyak atau bersifat heterogen dibandingkan di desa.

5. Corak Kehidupan

Perbedaan desa dan kota yang kelima adalah mengenai corak kehidupan masyarakatnya. Dimana corak kehidupan di desa lebih relatif homogen, atau hanya memiliki satu macam latar belakang yang sama. Kehidupan di desa juga cenderung sama saja dari waktu ke waktu, hal ini dapat disebabkan karena adanya nilai dan norma di desa yang masih terus dijadikan sebagai pedoman dan sulitnya perkembangan terjadi di desa.

6. Pola Interaksi

Pola interaksi yang terjadi di desa dan di kota juga cenderung berbeda, dimana biasanya di masyarakat kota tidak memiliki hubungan kekeluargaan dengan masyarakat sekitarnya atau bahkan dengan tetangganya sendiri. Hal ini yang mendorong masyarakat kota pada umumnya tidak terbiasa untuk bergantung pada orang lain. Oleh sebab itu, masyarakat kota cenderung memiliki sifat individualis dan bersifat rasional, sehingga rasa kekeluargaan dan keakraban masyarakat di kota kurang terasa dibanding di desa.

7. Solidaritas Sosial

Perbedaan yang terakhir adalah pada aspek solidaritas sosial yang dipengaruhi oleh pola interaksi yang berlangsung di desa maupun di kota. Pola interaksi di desa yang lebih cenderung mementingkan unsur kekeluargaan dan kebersamaan akan menghasilkan suatu upaya untuk menciptakan suatu keserasian dan kesatuan sosial. Kondisi tersebut yang membuat solidaritas sosial di desa menjadi tinggi, karena masyarakatnya biasa bergantung satu sama lain.

Perbedaan Fisik

Adapun perbedaan Fisik antara desa dan kota dapat dilihat dari beberapa hal berikut ini.

1. Topografi

Topografi wilayah di perdesaan terdiri dari berbagai bentuk, ada yang memiliki topografi kasar, ada yang sedang ada yang halus. Berbagai perbedaan yang terjadi di pedesaan tersebut dipengaruhi oleh letak desa tersebut. Wilayah peedesaan yang berada di wilayah pegunungan akan memiliki topografi kasar, sedangkan wilayah pedesaan yang berada di daerah dataran rendah akan memiliki topografi halus.

2. Tipologi Pemukiman

Tipologi permukiman yang ada di desa terdiri dari berbagai macam tipologi. Tipologi permukiman di pedesaan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti topografi, ketersediaan air, kesuburan tahan, pola jaringan jalan, dan lain-lain. 

Tipologi permukiman di desa yang memiliki topografi kasar cenderung memiliki tipologi yang menyebar karena terhalang bukit-bukit. Tipologi permukiman di wilayah yang jarang sumber air, maka akan mengelompok di dekat sumber air misalnya danau, telaga dan lain lain. Selain itu jarak antar rumah juga cenderung lebih jauh ketimbang di kota.

3. Penggunaan Lahan

Penggunaan lahan yang ada di wilayah pedesaan cenderung lebih bersifat ke alam. Lahan yang berada di desa sebagian besar dimanfaatkan sebagai pertanian. Dimana ruang terbuka hijau masih banyak.

4. Sarana dan Prasarana

Sarana prasarana yang ada di desa jika dibandingkan dengan wilayah kota cenderung lebih tertinggal. Masih banyak desa yang belum tersentuh pembangunan, jalan masih belum beraspal, akses pendidikan yang sulit, kesehatan yang kurang terperhatikan dan lain lain.

Ada banyak perbandingan yang bisa kita lihat dari karakteristik wilayah desa dan kota di indonesia. Kamu juga bisa mengamatinya sendiri. Semoga membantu

oleh Pemula (388)
dipilih oleh

Soal terkait

0 vote
1 jawaban
ditanya 26 Okt 2018 . Soal IPS oleh Dara Riswani | 13 views
0 vote
1 jawaban
0 vote
1 jawaban
0 vote
1 jawaban
0 vote
1 jawaban
ditanya 24 Des 2018 . Soal Geografi oleh mahadi Pemula (107) | 10 views
0 vote
1 jawaban
0 vote
1 jawaban
879 Online
1 Anggota And 878 Tamu
6,569 soal
7,096 jawaban
29 komentar
780 anggota